

Dengan hadirnya Ertiga sepertinya konsumen ingin menjajal rasa baru dan berharap jika mobil yang satu ini mungkin bisa memuaskan rasa haus mereka terhadap sebuah mobil keluarga yang syarat akan kenyamanan yang tinggi. Berikut ini Review Suzuki Ertiga versi Blog Otomotif :
EKSTERIOR
Dari luar kami rasa semua orang bisa setuju bahwa Ertiga memiliki desain yang modern dan menawan. Kesan elegan dan stylish juga terpancar dari garis bodi yang mempertemukan sudut lampu utama dan belakang yang terlihat kompak.
Dibekali dengan foglamp yang berada tepat di bawah lampu utama berjenis multireflektor yang tentunya akan menambah rasa aman jika mobil ini harus dikendarai pada saat hujan bersama keluarga. Tampilan grille berbentuk “V” dan menyambung dengan garis bemper hingga kap mesin serta pelek alloy model 10-spokes dibalut ban berukuran 185/65R15 dan sudah dibekali mud guard depan-belakang rasanya membuat mobil ini benar-benar cocok untuk disebut elegan.
INTERIOR

Bentuk dashboard dan center panel memang terlihat mirip sekali dengan Swift, tidak terlalu mewah namun juga tidak terlalu membosankan. Kondisi jok ertiga juga rasanya sangat empuk saat diduduki, bahkan rasanya lebih nyaman dibandingkan jok pada Avanza, tapi kalau dengan Inova bisa dibilang beda-beda tipislah.
Visibilitas yang cukup luas juga tentunya dapat memberikan kenyamanan bagi pengemudi ertiga disamping adanya fitur tilt steering yang tentunya bisa digunakan untuk memberikan posisi duduk yang paling nyaman bagi pengemudi. Setir model palang 3 berbahan urethane nyaman digenggam, juga terdapat tombol untuk mengatur channel dan volume head unit yang bisa memutar MP3, CD dan radio. Tersedia pula MID yang bisa menginformasikan jarak tempuh dan konsumsi bbm rata-rata.
Jok baris kedua cukup lega untuk menampung dua orang dewasa, namun tetap bisa mengakomodir kebutuhan tiga penumpang. Pada bagian ini juga sudah menggunakan konfigurasi 60:40 dan dilengkapi arm rest yang bisa digeser maju-mundur.
Hanya jok baris ketiga yang rasanya agak kurang bikin nyaman. Mungkin jok baris ketiga mobil ini lebih bagus jika dilipat saja agar bagasinya menjadi lebih lebar. Lagipula kalau dipaksa untuk duduk dibaris ketiga ini rasanya kok maksa banget dengan ruang kaki dan kepala yang biarpun joknya sudah disetel bolak-balikpun masih terasa sempit. Belum lagi volume bagasi yang rasanya juga terlalu kecil. Memang dengan bagasi segitu untuk beberapa urusan yang hanya butuh membawa angkutan tidak begitu banyak, mobil ini masih bisa mengakomodir. Namun coba saja jika mobil ini anda bawa untuk menjemput keluarga di bandara yang membawa koper-koper besar, dijamin anda bakal kewalahan deh.
Suasana di dalam kabinpun terasa senyap namun mungkin masih kalah dibanding inova 2.0 E tapi jauh lebih unggul dibandingkan Avanza dan Xenia. Saat melaju ditengah guyuran hujan deraspun atap ertiga tidak terasa berisik. Kondisi AC juga cukup sejuk dan merata hingga ke barisan jok paling belakang sekalipun jika disetel pada level tertinggi.
Standar keamanan mobil ini juga lumayan tinggi mengingat mobil ini memang didesain sebagai mobil keluarga. Suzuki membenamkan side impact bean di bagian samping mobil agar keamanan pengemudi dan penumpang terjaga. Fitur keselamatan seperti antilock braking system (ABS), brake assist (BA), dan electronic brake distribution (EBD) serta air bag juga ikut disematkan untuk memberikan perasaan aman dan nyaman ketika berkendara.
DAPUR PACU

PERFORMA

HARGA 2015
- Suzuki Ertiga GA – Rp. 172,5 juta
- Suzuki Ertiga GL – Rp. 189 juta
- Suzuki Ertiga GX – Rp. 199 juta